Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik Berbasis Ajaran Islam di SDIT Hidayatul Mubtadiin Mojokerto

  • Rizki Salsadila Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan kepala sekolah, pengimplementasian pendidikan karakter peserta didik, dan faktor pendukung dan penghambat dalam mendidik karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif secara deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam mendidik karakter peserta didik yakni (a) kepala sekolah memberikan contoh yang baik kepada warga sekolah, (b) menjalin komunikasi baik dengan warga sekolah dan juga wali murid, (c) membebaskan warga sekolah dalam berpendapat, (d) kepala sekolah memberikan hukuman yang mendidik bagi pelanggar peraturan sekolah, (2) SDIT Hidayatul Mubtadiin Mojokerto dalam pengimplementasian pendidikan karakter yakni melalui kebiasaan, dan (3) faktor penghambat dalam mendidik karakter peserta didik yakni faktor orangtua, peserta didik, dan karena adanya pandemi covid-19, sedangkan faktor pendukungnya adalah faktor dari orangtua, guru, dan faktor sarana dan prasarana sekolah.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Strategi Kepala Sekolah, Karakter Berbasis Islam

Published
2022-07-13
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 33