Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Perspektif Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19

  • Adisya Gressyela Saputri Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penulisan artikel ini untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran problem solving dalam perspektif merdeka belajar di masa pandemi covid-19. Dengan latar belakang penurunan kualitas belajar peserta didik yag diakibatkan oleh kebijakan pandemi yang membatasi aktivitas belajar mengajar. Penulisan dalam artikel ini menggunakan metode systematic literatur review dengan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analysis). Berdasarkan rumusan masalah yang membahas tentang permasalahan pendidikan akibat pandemi covid-19 yang berdampak pada proses pembelajaran peserta didik yang kurang maksimal. Hasil yang diperoleh dengan metode systematic literatur review menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving berbasis merdeka belajar ini efektif. Sehingga dengan adanya penerapan model pembelajaran problem solving dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan kualitas peserta didik.

Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Solving, Merdeka Belajar, Pandemi Covid-19

 

Published
2022-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 184
PDF Downloads: 1655