Peran Website Sebagai Sarana Branding Sekolah di Masa Pandemi

  • Abdullah Fahmi Universitas Negeri Surabaya
  • windasari windasari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Branding sekolah merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam menawarkan brand (merek) yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membranding sekolah ialah dengan memaksimalkan peran website sekolah. Penggunaan website sekolah sendiri semakin krusial seiring dengan pembatasan tatap muka yang disebabkan wabah Covid-19. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan peran website sekolah sebagai sarana branding sekolah di masa pandemi. Artikel ilmiah ini menggunakan metode studi literatur sebagai sumber informasi berupa data-data sekunder melalui tahap penentuan pustaka, pengumpulan dan analisi lalu penyajian hasil kajian dengan sumber rujukan 14 artikel jurnal nasional dan 11 artikel jurnal internasional dan didukung dengan sumber buku sebagai penguat argumen peneliti. Dari hasil telaah studi literatur ditemukan bahwa terdapat tiga peran website yang mendukung upaya branding sekolah, yakni : 1) Website berperan sebagai media promosi bagi sekolah dengan menyajikan informasi mengenai keunggulan sekolah dan menyampaikan dengan tampilan semenarik mungkin; 2)  Website sekolah berperan sebagai media pembaharuan informasi yang bisa diakses dengan cepat dimanapun dan kapanpun; 3) Website sekolah berperan sebagai identias brand sehingga menjadi ciri khas sekolah.

Kata kunci: peran website sekolah, branding sekolah, masa pandemi

 

Published
2022-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 435