Interaktivitas Mahasiswa Dengan Video Pembelajaran Pada Kurikulum dan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 di Program Studi Teknologi Pangan Universitas Terbuka

  • Arsya Al-Gifari State University of Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) mengetahui kesesuaian perencanaan dan konten pada video pembelajaran dengan tujuan mata kuliahnya, (2) mengetahui partisipasi dan interaksi video pembelajaran dalam memfasilitasi pembelajaran daring mahasiswa, (3) mengetahui kesesuaian aktivitas dan sumber belajar pada video pembelajaran dengan tujuan pembelajarannya, (4) mengetahui kebermanfaatan video pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring, (5) mengetahui aksesibilitas video pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan survei. Data yang telah dikumpulkan melalui survei dianalisa dengan melihat rata-ratanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) para responden setuju bahwa konten video pembelajaran interaktif dan sesuai dengan tujuan mata kuliah di kelas daring KIMD4110, (2)  Para responden setuju bahwa video pembelajaran yang mereka tonton memfasilitasi partisipasi dan interaksi dalam proses pembelajaran daring, (3) para responden menilai cukup setuju bahwa aktivitas dan sumber pembelajaran pada video pembelajaran yang mereka tonton itu interaktif dan dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran, (4) para responden setuju bahwa video pembelajaran yang mereka tonton memiliki aksesibilitas yang ramah terhadap mahasiswa sehingga mempermudah proses belajar daring, dan (5) para responden setuju bahwa video pembelajaran yang mereka tonton di kelasdaring KIMD4110 memiliki kebermanfaatan yang mendukung interaktivitas pembelajaran daring.

Published
2022-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 84