Evaluasi Program Student's SMART CARD Di SMA Nahdatul Ulama 1 GRESIK

  • Indri Irawati Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui keberhasilan program student’s smart card yang ada di SMA Nahdlatul Ulama’ 1 Gresik. Yang dilatar belakangi oleh perkembangan zaman, dimana di era globalisasi saat ini teknologi informasi dan komunikasi sangat penting khususnya dibidang layanan pendidikan. Selain itu, dalam sebuah program perlu memperhatikan aspek-aspek perencanaan sehingga program yang dibuat dapat sesuai dengan kebutuhan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Metode evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu CIPP (Context, Input, Process, Product). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi penggunaan program student’s smart card dengan metode CIPP, yakni 1) Evaluasi context, program bertujuan untuk merapikan administrasi dan memangkas antrian pembelian di kantin saat jam istirahat; 2) Evaluasi input, sekolah telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai untuk menjalankan program tersebut; 3) Evaluasi proses, proses implementasi program mampu mengajarkan siswa tertib administrasi; 4) Evaluasi product, program student’s smart card ini telah menjalankan fungsinya dengan baik dan membawa beberapa pencapaian.

Kata Kunci: Evaluasi Program, Student’s Smart Card, CIPP

 

ABSTRACT

 

This research was conducted with the aim of evaluating and knowing the success of the student's smart card program at SMA Nahdlatul Ulama '1 Gresik. This is motivated by the times, where in the current era of globalization, information and communication technology is very important, especially in the field of educational services. In addition, in a program it is necessary to pay attention to planning aspects so that the program made can be in accordance with the needs of the school. This study uses an evaluation research method with a qualitative approach. With data collection techniques, namely observation, interviews and documentation studies. The evaluation method used in this research is CIPP (Context, Input, Process, Product). The results of this study indicate that the evaluation of the use of the student's smart card program using the CIPP method, namely 1) Context evaluation, the program aims to tidy up administration and cut queues for purchases in the canteen during break hours; 2) Evaluation of inputs, schools already have adequate facilities and infrastructure to run the program; 3) Process evaluation, the program implementation process is able to teach students administrative order; 4) Product evaluation, this student's smart card program has carried out its functions well and brought several achievements.

Keywords: Program Evaluation, Student's Smart Card, CIPP

Published
2022-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 77