Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pasca Pandemi Covid-19 melalui Lesson Study

  • Novita sari Universitas Negeri Surabaya
  • Shelly Andari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui, memahami, dan menganalisis strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi profesionalisme guru pasca pandemi covid-19, mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, dan peningkatan pembelajaran dengan menggunakan model lesson study. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif jenis studi literasi (literature review) dengan cara mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengelola bahan penelitian. Data ini diambil dari 10 artikel nasional dan 10 artikel internasional yang memiliki keterkaitan dengan topik yang penulis angkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi profesional guru sangat efektif dengan menggunakan model supervisi lesson study yaitu pembinaan atau pelatihan profesi pendidik dengan cara melakukan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan dengan tahapan plan,do,see. pelaksanaan lesson study ini memberikan dampak yang positif terhadap pembelajaran di era pendidikan 4.0 dimana efektif mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dan meningkatkan kualitas evaluasi/penilaian bagi pendidik kepada siswa secara objektif, akurat, akuntabel dan transparan

Published
2022-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 128
PDF Downloads: 416