Implementasi Kebijakan Program Double Track Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Ekonomi Kreatif di SMA Negeri 1 Balongpanggang

  • Afifatul Mutazawiroh Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui isi dan konteks implementasi kebijakan program Double Track sebagai upaya peningkatan keterampilan ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan tahapan kegiatan analisis data kualitatif, yaitu kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik uji antara lain uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, serta uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan keterampilan ekonomi kreatif dapat dilakukan melalui implementasi kebijakan program Double Track yang dibuktikan dengan pemberian materi keterampilan pada saat praktik Double Track, keberhasilan dalam pembuatan produk serta pemasarannya, menjalin kerja sama dengan mitra sekolah, pelaksanaan ujian sertifikasi untuk mendapatkan sertifikat serta lulusan yang kompeten dan berhasil.

Kata kunci : kebijakan pendidikan, implementasi kebijakan pendidikan, program double track, ekonomi kreatif

 

Published
2022-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 212