Implementasi Tata Kelola Sekolah Menengah Pertama Berbasis MBS di SMP Negeri 2 Lamongan

  • Firda Qurrotul A'yun Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah merupakan perwujudan desentralisasi pendidikan yang diberikan untuk sekolah dalam mengelola kebutuhan sekolah sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah masing-masing. SMP Negeri 2 Lamongan merupakan sekolah menengah pertama yang mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah dalam pengelolaan atau tata kelola sekolahnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya mewujudkan prinsip-prinsip dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Penelitian ini menggunakan tahapan analisis data kualitatif model interaktif Miles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan menggunakan uji keabsahan data diantaranya uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah dilakukan dengan mewujudkan prinsip-prinsip manajemen berbasis sekolah. Prinsip kemandirian dibuktikan dengan kewenangan sekolah dalam mengatur dan mengurus pengelolaan secara mandiri atau tidak bergantung pihak lain. prinsip kemitraan dibuktikan dengan kerja sama sekolah dengan berbagai pihak untuk mendapatkan dukungan dalam program sekolah. Prinsip partisipasi dibuktikan dengan pemangku kepentingan terlibat aktif dalam pengambilan keputusan maupun pembuatan kebijakan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan SMP negeri 2 Lamongan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah dengan mewujudkan 3 prinsip yakni prinsip kemandirian, prinsip kemitraan dan prinsip partisipasi.

Kata kunci: Tata Kelola Sekolah, Sekolah Menengah Pertama, Manajemen Berbasis Sekolah

Published
2022-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 160
PDF Downloads: 571