Kepemimpinan Positif Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Teacher Well-being
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penulisan artikel ini menguraikan terhadap pentingnya kepemimpinan positif kepala sekolah dalam mewujudkan teacher well-being. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian dengan tata letak kajian menggunakan metode Systematic Literature Review dengan PRISMA (Preferred Reporting Items Systematic Reviews and Meta-analysis) dari artikel yang terbit pada tahun 2017 sampai dengan 2021. Data yang didapat dikaji dengan teks analysis dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi. Berdasarkan hasil yang didapat dari penggunaan metode systematic literature review menunjukan bahwa upaya kepemimpinan positif kepala sekolah dalam mewujudkan teacher well-being adalah dengan memberikan apresiasi, intensif baik berupa loyalitas maupun rasa tanggung jawab. Kepemimpinan positif kepala sekolah dalam mewujudkan teacher well-being dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya (1) perilaku pimpinan, (2) adanya pelatihan, (3) dorongan positif, (4) paham akan tugasnya, (5) adanya sistem penghargaan, (6) adanya penilaian, dan (7) adanya motivasi. Teacher well-being memiliki pengaruh signifikan pada kinerja tenaga pengajar dalam mendorong peningkatan kualitasnya karena kesejahteraan individu memungkingkan peningkatan kinerja atas terpenuhinya kebutuhan yang memunculkan kepuasan setelah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.
Kata Kunci : kepemimpinan positif, kepala sekolah, teacher-wellbeing
Downloads

