Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Guru di Era Revolusi Industri
Abstract
Artikel penelitian ini disusun dengan tujuan mengetahui serta mempelajari kepemimpinan situasional kepala sekolah sebagai upaya mendorong peningkatan kompetensi pembelajaran pada tenaga pengajar di era revolusi industry 4.0. Artikel ini menggunakan metode studi literatur atau studi kepustakaan yang mana sumber data diperoleh berbagai sumber artikel dan buku-buku literatur yang relevan dengan topik pembahasan artikel. Adapun hasil dari penulisan artikel guru diharapkan untuk memiliki kemampuan atau kompetensi pembelajaran yang efektif di era Revolusi Indusrti 4.0. kepala sekolah dapat melakukan bebrapa strategi dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran guru diantaranya adalah dengan melakukan program pembinaan guru melalui pendidikan dan pelatihan, penguatan kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajara berbasis virtual reality melalui kegiatan focus group discussion (FDG), pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik (E-Modul), pengembangan kompetensi pembelajaran dengan mengasah kemampuan literasi digital para guru
Kata kunci : kepala sekolah, kepemimpinan situasional, kompetensi pembelajaran
PDF Downloads: 233