Optimalisasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru

  • Mochammad Rafly Cahyana Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Windasari Windasari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kompetensi pedagogik guru merupakan kompetensi yang harus dimiliki guru dalam jenjang manapun, sehingga perlu adanya penyesuaian dan peningkatan pada kompetensi pedagogic ini sesuai dengan perkembangan dunia Pendidikan. Salah satunya yaitu dengan melakukan kegiatan supervise akademik. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui strategi yang dapat diterapkan dalam upaya pengoptimalan pelaksanaan supervisi akademik bagi guru. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu dengan metode studi literatur dengan referensi artikel yang sesuai dengan tema yang penulis buat. Hasil dari penelitian ini, didapati adanya beberapa strategi yang dapat dilakukan sebagai upaya pengoptimalan pelaksanaan supervisi akademik, diantaranya yaitu; 1) meningkatkan kompetensi kepala sekolah melalui program workshop dan bimtek untuk menambah pemahaman dan pengalaman mengenai supervisi akademik, 2) membangun hubungan yang lebih terbuka dengan seluruh guru, 3) penggunaan pendekatan kolaboratif dalam pelaksanaan supervisi akademik, dan 4) peningkatan intensitas supervisi akademik

Kata kunci : supervisi akademik, kompetensi pedagogik

 

Abstract

Teacher pedagogic competence is a competency that must be possessed by teachers at any level, so there is a need for adjustments and improvements to this pedagogic competence in accordance with the development of the world of education. One of them is by conducting academic supervision activities. The purpose of this article is to describe strategies that can be applied in an effort to optimize the implementation of academic supervision for teachers. The method used in writing this article is the literature study method with article references that are in accordance with the theme that the author made. The results of this study, found several strategies that can be done as an effort to optimize the implementation of academic supervision, including; 1) improve the competence of school principals through workshops and technical guidance programs to increase understanding and experience regarding academic supervision, 2) build a more open relationship with all teachers and school staff, 3) use a collaborative approach in the implementation of academic supervision, and 4) increase the intensity of supervision academic.

Keywords : academic supervision, pedagogic competenc

Published
2022-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 158