Manajemen Pembelajaran Pada Kelas Kompetisi di Sekolah Menengah Peertama Negeri 15 Surabaya

Authors

  • Fefty Diah Laily Pangestuti feftydiah
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran kelas kompetisi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pengajar kelas kompetisi serta siswa SMP Negeri 15 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik, membercheck, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan manajemen pembelajaran kelas kompetisi memiliki perencanaan yang matang untuk dijalankan yang dimulai dengan merencanakan kurikulum sampai dengan bahan ajar yang digunakan. Implementasi pembelajaran kelas kompetisi dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan diikuti oleh semua warga sekolah dengan dukungan penuh terhadap program pembelajaran kelas kompetisi yang menjadi program unggulan sekolah. Evaluasi pembelajaran kelas kompetisi dilakukan terus menerus sebagai bahan pengambilan keputusan untuk program selanjutnya.

Kata kunci : manajemen pembelajaran, kelas kompetisi, manajemen kelas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 65 , PDF Downloads: 100