Manajemen Sarana dan Prasana Sekolah Inklusi Di SD negeri Gayungan II/423 Surabaya

  • Gayuh Ayibah Universitas Negeri Surabaya
  • Shelly Andari

Abstract

Tujuan penulisan dilakukan adalah untuk mengetahui, menganalisis dan medeskripsikan
bagaimana perencanaan manajemen sarana dan prasarana Sekolah Inklusi di SD Negeri
Gayungan II Surabaya. Rancangan penelitian menggunakan metode studi kasus.
Pengumpulan data menggunakan wawancara semi struktur, observasi langsung dan studi
dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, mendeskripsikan
dan memverifikasi data. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu validitas konstruk,
validitas internal, validitas eksternal serta keandalan. Hasil penelitian yang diperoleh ialah
1) Perencanaan sarana dan prasarana sekolah inklusi di SD Negeri Gayungan II Surabaya
dilaksanakan dengan kaidah kaidah manajemen dan peraturan perundang – undangan yang
ada.2) Implementasi sarana dan prasarana SD Negeri Gayungan II Surabaya dalam
melaksanakan pembagian tugas, tanggungjawab sesuai dengan kapasitas yang dimiliki
sumberdaya manusia yang sesuai, dana pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana
berasal dari dana BOS, BOPDA serta sumbangan komite. Namun inventarisasi sarana dan
prasarana di SDN Gayungan II Surabaya tidak melaksanakan pengkodean pada masing –
masing sarana dan prasarana. Penghapusan sarana dan prasarana belum pernah
dilaksanakan. 3) Evaluasi manajemen sarana dan prasarana yang dilaksanakan SD Negeri
Gayungan II melibatkan pihak internal maupun ekstrenal yang dilaksanakan secara berkala
yakni 4 bulan sekali.

Published
2022-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 1591