Strategi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Masa Pandemi Covid-19

  • Nourmalistya Sevy Wandani Manajemen Pendidikan
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterlibatan orang tua merupakan aspek krusial dalam membentuk pendidikan berkualitas di masa pandemi. Tidak hanya berkaitan dengan capaian akademik siswa, tetapi juga terhadap program-program dan kebijakan yang diambil oleh sekolah. Meskipun demikian, praktik keterlibatan orang tua di Indonesia masih belum optimal. Latar belakang orang tua, terbatasnya ruang gerak orang tua untuk berpartisipasi, serta kurangnya antusiasme orang tua untuk terlibat menjadi pemicu kurang maksimalnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan masa pandemi. Hal ini menempatkan urgensi dari strategi kepala sekolah dalam meningkatkan keterlibatan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif pada SD Kreatif Insan Rabbani, Gedangan, Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan oleh kepala sekolah berfokus pada penciptaan lingkungan positif terhadap keterlibatan orang tua melalui komunikasi berkelanjutan, pemberian fasilitas yang dibutuhkan siswa dan orang tua selama masa pandemi, bersikap terbuka kepada masukan dan saran, serta pemberian bantuan professional dan sejawat kepada guru. (2) Faktor yang menunjang keberhasilan strategi ini adalah adanya visi yang kuat dari kepala sekolah akan pelibatan orang tua serta kerja sama tim yang baik antar elemen sekolah. (3) Faktor penghambat adalah kurangnya ketersediaan fasilitas dan keterbatasan waktu orang tua untuk terlibat.
Kata Kunci: keterlibatan orang tua, strategi kepala sekolah, pandemi Covid-19

Published
2022-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 316