Efektivitas Gaya Kepemimpinan "Women Leadership" dalam Meningkatkan Kinerja Guru

  • Anisya Shofi Tsany Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Chandra Setiawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pemimpin memiliki peran penting dalam mengarahkan dan membantu jalannya aktivitas suatu kelompok dan individu, karena peran pemimpin yakni untuk memengaruhi, memotivasi, dan mengarahkan anggotanya. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah (1) untuk mengetahui gaya kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan kinerja guru, (2) untuk mengetahui strategi kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan kinerja guru, (3) mengetahui efektivitas gaya kepemimpinan “women leadership” dalam meningkatkan kinerja guru. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Umumnya gaya digunakan oleh kepemimpinan perempuan adalah  transformasional-demokratis (2) Strategi yang digunakan oleh kepemimpinan perempuan yaitu (a) mengembangkan inovasi pendidikan yang tercermin pada visi, misi, dan tujuan lembaga, (b) mengangkat solidaritas anggota atau unit sekolah, (c) menjadi motivator dan fasilitator bagi guru dan siswa, (3) Gaya transformasional-demokratis dan tiga strategi yang diadopsi oleh kepemimpinan perempuan dikatakan efektif karena dapat menjamin kualitas pendidikan dan dikatakan pada penelitian sebelumnya bahwa perempuan lebih efektif dalam membangun atau merencanakan layanan pendidikan dan sosial, serta mendukung keterampilan interpersonal dalam posisi manajemen.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Perempuan, Efektif, Kinerja Guru

Published
2022-07-28
Section
Articles
Abstract Views: 229
PDF Downloads: 1359