IMPELEMENTASI METODE WHOLE BRAIN TEACHING DALAM MANAJEMEN KELAS DI SD NURUL FAIZAH SURABAYA

  • Adnin Muhammad Universitas Negeri Surabaya
  • Shelly Andari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menelaah yang meliputi, (1) proses penerapan metode whole brain teaching dalam manajemen kelas di SD Nurul Faizah Surabaya, (2) pihak yang berperan dalam penerapan metode whole brain teaching dalam manajemen kelas di SD Nurul Faizah Surabaya, (3) dampak yang dihasilkan dari proses penerapan metode whole brain teaching dalam manajemen kelas di SD Nurul Faizah Surabaya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah milik Miles dan Huberman. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) penerapan metode Whole Brain Teaching menggunakan teknik class-class, mirror, teach and switch, scoreboard, (2) pihak yang berperan yaitu kepala sekolah, yayasan dan seluruh guru, (3) dampak yang dihasilkan yaitu guru terbantu dalam memanage kelas, siswa menjadi semangat dan aktif dalam pembelajaran dan guru selalu siap untuk menyiapkan materi yang akan diajarkan.

This study aims to understand and examine which includes, (1) the process of applying the whole brain teaching method in classroom management at SD Nurul Faizah Surabaya, (2) parties who play a role in the application of the whole brain teaching method in classroom management at SD Nurul Faizah Surabaya, ( 3) the impact resulting from the process of applying the whole brain teaching method in classroom management at SD Nurul Faizah Surabaya. The approach used is descriptive qualitative by using interview data collection techniques, observation and documentation studies. The data analysis technique used in this study belongs to Miles and Huberman. The results of this study are (1) the application of the Whole Brain Teaching method using the techniques of classes, mirrors, teach and switch, scoreboard, (2) the parties who play a role, namely the principal, foundations and all teachers, (3) the resulting impact is the teacher is helped in managing the class, students become enthusiastic and active in learning and the teacher is always ready to prepare the material to be taught.

Published
2022-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 193