Pengembangan Manajemen Diklat Berbasis Digitalisasi
Abstract
Abstrak
Artikel ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan memaparkan permasalahan yang terkait dengan layanan prima perpustakaan digital dalam meningkatkan digital quotient siswa. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode studi literatur yang didalamnya mencakup analisis isi secara mendalam , mengidentifikasi permasalahan dengan mengkaji penelitian terdahulu dari jurnal nasional, jurnal internasional,dan buku yang relevan dengan topik penelitian nantinya akan menghasilkan suatu kebaruan. Hasil analisa artikel ini yakni, layanan prima merupakan hal penting dalam pemenuhan kebutuhan dan kepuasan pemustaka. Pemberian kualitas layanan perpustakaan digital yang diberikan pustakawan terhadap siswa merupakan indikator keberhasilan gerakan literasi sekolah dalam digitalisasi sekolah. Kecerdasan digital dan budaya digital merupakan komponen penting pustakawan dalam mewujudkan layanan prima, nantinya mampu mencetak lulusan yang cerdas, berkompeten serta berdaya saing tinggi dalam menciptakan inovasi dari berbagai aspek digital yang terampil dan memiliki skill khususnya dibidang teknologi. Pada era revolusi industri 4.0 pustakawan dituntut untuk terus mengembangkan kemampuannya mengaplikasikan teknologi dalam meningkatkan layanan prima yang menuntut pada kepuasan dan nilai kebutuhan informasinya. Penerapan layanan prima perpustakaan digital memberikan dampak terhadap siswa dalam meningkatkan digital quotient siswa di era milenial.
Kata kunci : layanan prima, perpustakaan digital, digital quotient siswa