Sistem Penerimaan Santri Baru di Kebun Tahfidz Quran (KTQ) Denpasar Bali

  • Nisrina Amatullah universitas negeri surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai sistem regulasi penerimaan santri baru dan keterlibatan orang tua didalamnya di Kebun Tahfidz Quran Bali (KTQ) Denpasar Bali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian dari Kepala Direktur Kepala Sekolah/Musyrifah Kepala Panitia PSB, Orang Tua Santri Kebun Tahfidz Quran (KTQ) Bali. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian melalui uji kredibilitas (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan membercheck), uji transferbilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Teknik analisis data penelitian melalui tiga tahap yaitu: 1) kondensasi; 2) penyajian data; 3) verifikasi data. Berdasarkan hasil temuan penelitian yaitu: 1)  Sistem PSB terdiri dari kegiatan inti yaitu : Satu pembentukan kepanitiaan PSB. Kedua publikasi PSB. Ketiga pelayanan pendaftaran PSB. Keempat penyeleksian calon santri baru. Kelima penentuan diterimanya claon santri baru KTQ. Keenam pengumuman santri baru KTQ. Ketuju proses daftar ulang santri baru KTQ; 2) Peran orang tua dalam penerimaan santri baru berkaitan dengan, pertama komitmen dalam pendampingan muroja’ah dan tasbit di rumah serta pendamppingan kebiasaan anak dirumah yang dimulai dari bangun tidur hinga tidur kembali. Kedua komitmen orang tua dalam mengikuti setiap program yang diadakan oleh Lembaga KTQ; 3) Kendala yang terjadi dalam PSB yaitu : Satu Pendampingan anak di rumah dalam murojaah, tasbit maupun pembiasaan jadwal anak dirumah yang mengalami perjungan yang lebih. Kedua Kurangnya keahlian dalam mengajarkan Al-Quran kepada anaknya dirumah. Ketigafaktor ekonomi yang semakin memperburuk dan menghambat dalam infaq bulanan dan tahunan program lembaga.

 

Published
2022-11-05
Section
Articles
Abstract Views: 253
PDF Downloads: 111