Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kesadaran dan Kemampuan Literasi Digital Peserta Didik

  • Maulita Dewi Safitri Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada masa kini kemampuan literasi digital adalah hal yang sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali pada peserta didik, literasi digital adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan media, alat tekonolgi dan komunikasi digital untuk menemukan, menciptakan, mengevaluasi, meciptakan, menyebarkan informasi dengan baik dan bijak. Pada saat ini literasi digital sebagian besar masih dilakukan oleh mahasiswa, oleh karena itu sekolah pada tingkat SD, SMP dan SMA sebagai lembaga pendidikan sudah seharusnya mulai menerapkan literasi digital untuk para peserta didik sebagai bekal untuk masa yang akan datang. Tujuan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan literasi digital peserta didik. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literatur dengan sumber 20 jurnal nasional dan 20 jurnal internasional. Telaah artikel menciptakan rekomendasi baru mengenai strategi yang dapat dilakukan oleh sekolah antara lain : a) penguatan kapasitas fasilitator; b) meningkatkan jumlah ragam belajar; c) memperluas akses sumber belajar; d) menigkatkan pelibatan public; e) penguatan tata kelola.

Kata kunci : strategi sekolah, literasi digital

 

At this time digital literacy skills are very important for all levels of society, including students, digital literacy is a person's ability to use media, technology and digital communication tools to find, create, evaluate, create, disseminate information properly and wisely. . At this time digital literacy is still mostly done by students, therefore schools at the elementary, junior high and high school levels as educational institutions should start implementing digital literacy for students as a provision for the future. The purpose of this scientific article is to find out the strategies carried out by schools to increase students' awareness and digital literacy skills. The method used in this article is a literature study with sources from 20 national journals and 20 international journals. The article review created new recommendations on strategies that could be implemented by schools, including: a) strengthening the capacity of facilitators; b) increasing the number of learning styles; c) expanding access to learning resources; d) increasing public involvement; e) strengthening governance.

Keywords: school strategy, digital literacy

Published
2022-08-10
Section
Articles
Abstract Views: 193
PDF Downloads: 613