Strategi Pembelajaran Daring yang Efektif di Pendidikan Formal pada Masa Pandemi Covid-19.

  • Imawati Sumaryo UNESA
  • Soedjarwo Soedjarwo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pademi covid-19 berpengaruh pada seluruh sektor kehidupan manusia termasuk pendidikan. Pembelajaran daring menjadi metode pembelajaran yang wajib diimplementasikan hampir diseluruh pendidikan formal di Indonesia, termasuk pendidikan formal. Strategi pembelajaran yang efektif diperlukan untuk mensukseskan pembelajaran daring tersebut. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran daring yang efektif di pendidikan formal pada masa pandemi covid-19. Artikel ilmiah ini menggunakan metode studi literatur sebagai sumber informasi berupa data-data sekunder melalui tahap identifikasi, evaluasi, sintesis dengan sumber rujukan 10 artikel jurnal nasional dan 10 artikel jurnal internasional dan didukung dengan sumber buku sebagai penguat argumen peneliti. Dari hasil telaah studi literatur ditemukan bahwa 1) Terdapat urgensi strategi pembelajaran daring yang efektif, hal tersebut dikarenakan pandemi covid-19 berdampak pada terlaksananya pembelajaran online namun dibarengi dengan banyaknya pihak yang tidak siap dalam menjalankannya dan kesulitan untuk mencapai tujuan beljar mengajar; 2)  strategi pembelajaran daring yang efektif bisa diartikan sebagai segala hal yang diperisiapkan baik berupa urutan atau pola perilaku guru untuk dapat mengakomodasi semua variabel pembelajaran daring secara sadar dan sistematis; 3) Terdapat 4 strategi pembelajaran daring yang efektif  yakni : Melakukan analisa, menentukan media pembelajaran, memaksimalkan peran teknologi dan diakhiri dengan evaluasi.

Kata kunci: Strategi Pembelajaran Efektif, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Published
2022-09-10
Section
Articles
Abstract Views: 143
PDF Downloads: 1678