Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring

  • Martha Sukma Kusnurani Universitas Negeri Surabaya
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran daring merupakan suatu tantangan bagi guru di Indonesia. Agar dapat melalui tantangan tersebut, diperlukan adanya supervisi akademik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring. Tujuan artikel ilmiah ini yaitu untuk mengetahui proses supervisi akademik pada pelaksanaan pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi literatur oleh Nazir dengan menggunakan sumber dari beberapa artikel. Telaah artikel menghasilkan penemuan mengenai tahapan proses supervisi akademik pada pelaksanaan pembelajaran daring antara lain: a) perencanaan supervisi dengan melakukan bimbingan TIK dan pembuatan instrumen supervisi pembelajaran daring; b) pelaksanaan supervisi dengan pelaporan jurnal pembelajaran daring, observasi dalam ruang kelas virtual, IHT, dan simulasi membuat perangkat pembelajaran daring; c) refleksi supervisi dengan menganalisis kelengkapan dokumen perangkat pembelajaran daring; d) tindak lanjut supervisi pembelajaran daring dengan berdiskusi secara online dengan guru untuk memecahkan masalah.

Kata Kunci: pembelajaran daring, supervisi akademik, kualitas pembelajaran.

Published
2022-09-10
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 271