Implementasi Manajemen E-Library Sebagai Upaya Literacy Culture Protection Peserta Didik Ditengah Pandemi Covid-19

  • Regita Wahyu Imansari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ialah untuk mendeskripsikan bagaimana mengelola perpustakaan sebagai upaya untuk menjaga dan melindungi budaya literasi peserta didik. Oleh sebab itu diperlukan sebuah transformasi dari perpustakaan konvensional menuju perpustakaan elektronik untuk membuat budaya literasi peserta didik meningkat. Penelitian ini menggunakan metode studi literature dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara mereview dari berbagai sumber ilmiah yang dipublikasikan melalui internet. Data-data ilmiah yang dikumpulkan penulis terdiri dari 20 jurnal nasional dan 20 jurnal internasional yang telah ditelaah terkait relevansinya dengan topik yang diangkat penulis, yakni implementasi manajemen e-library sebagai upaya literacy culture protection peserta didik di tengah pandemi covid-19. Hasil telaah penulis pada penelitian menunjukkan dengan adanya implementasi manajemen e-library yang optimal dapat meningkatkan budaya literasi dari peserta didik karena kemudahan akses pelayanan yang diberikan, kemudian manajemen e-library sangat penting untuk di jalankan dengan sebaik-baiknya, karena tanpa manajemen e-library yang baik maka layanan yang diberikan akan tidak menjadi optimal dalam melayani pengunjung. Terakhir manajemen e-library meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, serta evaluasi yang berdampak baik dalam melindungi prinsip-prinsip literasi sebagai bentuk upaya melindungi budaya literasi.

 Kata Kunci: Manajemen, Perpustakaan Elektronik, Budaya Literasi

 

Abstract

The purpose of this research is to describe how to manage the library as an effort to maintain and protect the literacy culture of students. Therefore we need a transformation from a conventional library to an electronic library to make the literacy culture of students increase. This study uses a literature study method where data collection is done by reviewing various scientific sources published via the internet. The scientific data collected by the author consists of 20 national journals and 20 international journals that have been studied in relation to their relevance to the topic raised by the author, namely the implementation of e-library management as an effort to protect students' literacy culture in the midst of the COVID-19 pandemic. The results of the study indicate that the implementation of optimal e-library management can increase the literacy culture of students because of the ease of access to services provided. E-library management is very important to run as well as possible, because without good e-library management, the services provided will not be optimal in serving visitors.Finally, e-library management includes planning, organizing, implementing, controlling, and evaluating which has a good impact on protecting literacy principles as a form of efforts to protect literacy culture.

 Keywords: Management, E-library, Literation Culture

Published
2023-01-20
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 162