Peningkatan Kompetensi Digital Guru Dalam Mewujudkan Inovasi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0

  • Dwi Ardiansyah Educational Management Departement, University of Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini memaparkan pentingnya kompetensi digital guru dalam menyongsong pendidikan di era revolusi industry 4.0 dengan perubahan dan perkembangan teknologi yang pesat agar dapat menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systemic Reviews and Meta-analysis) dalam rentang tahun artikel 2017-2022. Hasil dari systematic literature review menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kompetensi digital guru yang dibutuhkan dalam era revolusi industry 4.0 mencakup 1.) Memahami kerja dan model penggunaan perangkat digital sehingga mengetahui kekurangan dan kelebihannya dan bisa disesuaikan dengan metode ajar, rencana ajar bahkan tujuan dari pembelajaran, 2.) Mengintegrasikan teknologi digital kedalam proses perencanaan, pelaksanaan ,penilaian dan evaluasi pembelajaran agar dapat berjalan secara efektif dan efisien, 3.) Guru menggunakan teknologi digital untuk pengembangan profesi berkelanjutanehingga guru dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam menunjang proses belajar mengajar yang berlangsung dikelas.

Kata Kunci: Kompetensi guru, kompetensi digital guru, inovasi pembelajaran, dan revolusi Industri 4.0

Published
2023-01-13
Section
Articles
Abstract Views: 375
PDF Downloads: 485