Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SDN Pagesangan Surabaya

  • Ghita Amanda Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen proyek penguatan profil pelajar Pancasila yang ada di SDN Pagesangan Surabaya melalui proses perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian berupa data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh dari hasil wawancara peneliti dengan informan data, sedangkan data sekunder diperoleh berasal dari data yang secara tidak langsung diperoleh peneliti namun tetap memiliki keterkaitan dengan manajemen proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneliian ini adalah wawancara, obserasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian dilakukannya analisis data melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengumpulan data dalam penelitian dapat diketahui bahwa manajemen proyek penguatan profil pelajar Pancasila melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan adalah analisis dari kebutuhan yang ada di lapangan dengan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan yang dilakukan adalah menciptakan kreativitas dan inovasi dalam proyek. Evaluasi dalam manajemen dilakukan dengan melihat keterlaksanaan proyek dalam mencapai tujuan utama proyek.

Kata kunci : Manajemen, Kurikulum, Pelajar Pancasila, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

Abstract

The aim of this research is to determine the project management of strengthening the Pancasila student profile at SDN Pagesangan Surabaya through the processes of planning, implementation, and evaluation. This research uses a qualitative research method with a case study approach. The types of data obtained in the research are primary data and secondary data. Primary data is obtained from interviews conducted by the researcher with data informants, while secondary data is indirectly obtained by the researcher but still relevant to the project management of strengthening the Pancasila student profile. The data collection techniques used in this research are interviews, observations, and documentation studies. The data obtained in the research are analyzed through several stages, namely data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of data collection in the research, it can be found that the project management of strengthening the Pancasila student profile involves the stages of planning, implementation, and evaluation. The planning phase involves analyzing the needs in the field and aligning them with the learning objectives. The implementation phase focuses on fostering creativity and innovation in the project. The evaluation in the management is done by assessing the project's feasibility in achieving its main objectives.

Keywords : Curriculum, Management, Pancasila Students, Strengthening Project for the Pancasila Student Profile.

Published
2023-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 352