EVALUASI PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PUSTAKAWAN DALAM PENGGUNAAN SLIMS 9 (STUDI KASUS DI SDN PAKIS III/370 SURABAYA)

  • Satria Adi Wisesa Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan setiap komponen evaluasi CIPP yaitu; (1) Context, (2) Input, (3) Process, serta (4) Product pada hasil pelatihan peningkatan kompetensi pustakawan dalam penggunaan Slims 9. Penelitian studi kasus evaluasi yang dilakukan berlatar belakang pada permasalahan dimana pustakawan masih belum memanfaatkan perpustakaan digital yang telah tersedia di sekolah secara maksimal dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai perpustakaan digital, sedangkan dalam upaya mengikuti perkembangan teknologi perpustakaan membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi mumpuni dalam mengelola teknologi tersebut sehingga mampu membantu perpustakaan mengikuti perkembangan zaman yang ada.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan model evaluasi context, input, process, product. Adapun jenis data yang akan diperoleh dalam penelitian berupa data primer dan data sekunder, dimana data primer merupakan hasil wawancara dengan objek penelitian, sedangkan data sekunder merupakan data yang diperoleh peneliti dari sumber secara tidak langsung, namun tetap memiliki keterkaitan terhadap evaluasi program pelatihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui kegiatan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Kemudian data-data yang telah terkumpul akan dianalisis menggunakan teknik analisis data melalui kondensasi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil pengumpulan data serta analisis data tersebut, dapat diketahui bahwasannya penerapan komponen context digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai kebutuhan yang akan dibutuhkan, komponen input digunakan untuk mengumpulkan informasi dan masukan mengenai bagaimana sebaiknya mengatur keputusan serta bagaimana mengatur sumber daya yang tersedia, komponen process digunakan untuk mengumpulkan informasi bagaimana pelaksanaan program pelatihan, memberikan gambaran mengenai kelancaran dari program yang dilaksanakan, serta penerapan komponen product yang digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai bagaimana hasil dari program pelatihan yang dilaksanakan.

Published
2023-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 39