STRATEGI HUMAS DAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM UPAYA PENGEMBANGAN CITRA SEKOLAH MELALUI MEDIA SOSIAL DI SDN WIYUNG I/453 SURABAYA

  • Aprilia Prisanti Mahasiswa
  • Amrozi Khamidi

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait upaya pengembangan citra sekolah, yaitu (1)strategi humas sekolah , (2) keterlibatan orang tua dalam upaya pengembangan serta (3) implementasi melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.Selanjutnya, jenis data yang diperoleh yang akan diperoleh dalam penelitian berupa data primer dan sekunder, terkait data primer merupakan hasil dari wawancara dengan objek penelitian. Sementara itu, data sekunder ialah data yang diperoleh penelitidari sumber yang tidak langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penekitian ini ialah wawancara, observasi, dan studi observasi. Kemudian data- data tersebut dianalisis menggunakan Teknik kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yaitu meningkatkan kualitas kinerja sekolah, melalui jaringan kerjasama dengan pihak internal dan eksternal dan mengemas melalui media social ialah bentuk dari strategi yang diterapkan SDN Wiyung I/453 Surabaya, keterlibatan orang tua dengan model partners dan share responbilities, dan implementasi yang didukung oleh pihak kepala sekolah dan memiliki tim IT dalam pelaksanaan pengembangan citra.

Kata kunci : Citra Sekolah, Humas, Keterlibatan Orang Tua, Strategi

 

Abstract

The purpose of this research is to investigate the efforts related to the development of the school image, which are (1) school public relations strategies, (2) parental involvement in the development efforts, and (3) implementation through social media. This research employs a qualitative approach with a case study method. Furthermore, the types of data to be obtained in this research are primary and secondary data. Primary data will be obtained through interviews with the research subjects, while secondary data will be collected from indirect sources. The data collection techniques used in this study are interviews, observations, and observational studies. Subsequently, the data will be analyzed using data condensation techniques, data presentation, and drawing conclusions.The results of this research show that the implemented strategies at SDN Wiyung I/453 Surabaya include enhancing the school's performance quality through collaborations with internal and external parties and packaging them through social media. Parental involvement is fostered through a partners and shared responsibilities model. The implementation is supported by the school principal and includes an IT team to facilitate the image development process.

 

Keywords : School Reputation, Strategies, Parental Involvement, Public Relation.

Published
2023-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 139