Manajemen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Labschool UNESA 1

  • Putri Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA Labschool UNESA 1. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dengan teknik studi kasus untuk mengidentifikasi kondisi nyata dan mendalam yang menjadi fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil temuan-temuan pada proses pengumpulan data didokumentasikan kemudian dianalisis dan disajikan secara deskiptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan P5 meliputi kegiatan rapat bersama, workshop, In House Training, penyusunan modul, merumuskan projek yang akan dilaksanakan sesuai tema dan dimensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik, serta melakukan pembagian ketujuh tema P5 yang akan diimplementasikan selama kurun waktu tiga tahun; (2) Pengorganisasian P5 meliputi kegiatan pembentukan tim fasilitator oleh kepala sekolah dan waka kurikulum; (3) Pelaksanaan P5 didukung oleh dorongan kepala sekolah terhadap SDM yang dimiliki, guru memiliki kebebasan menentukan hari dan jam dilaksanakannya P5 dengan jumlah alokasi waktu yang sama, terdapat tiga tema yang sudah dilaksanakan, P5 tidak hanya dilaksanakan di dalam sekolah tetapi juga di luar sekolah yang melibatkan mitra, dan setiap berakhirnya projek peserta didik menyusun portofolio atau laporan akhir; (4) Pengawasan P5 dilakukan oleh kepala sekolah, penanggung jawab P5, waka kurikulum, pengawas sekolah, tim komite sekolah, dan guru pada waktu tertentu secara langsung dan tidak langsung yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi setiap akhir pelaksanaan satu tema.

Published
2023-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 157
PDF Downloads: 324