Evaluasi Program Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

(Studi di SMP IT Al Uswah Surabaya)

  • Istiqomah Rahayuningtyas Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis evaluasi program proyek penguatan profil pelajar pancasila serta mengetahui pengaruh program proyek penguatan profil pelajar pancasila terhadap karakter peserta didik di SMP IT Al Uswah Surabaya. Proyek penguatan profil pelajar pancasila merupakan intrakurikuler dalam kebijakan program dalam kurikulum merdeka, mempunyai tujuan pengembangan karakter utama diproyeksikan dalam pengembangan profil karakter pancasila yang dimuat dalam 6 dimensi, diantaranya : beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif. Implementasi kebijakan yang mulai berlangsung di berbagai sekolah penggerak di Indonesia menjadi salah satu referensi penting dalam evaluasi program pada lembaga pendidikan. Proyek penguatan profil pelajar pancasila ini terintegrasi pada kurikulum nasional, kurikulum merdeka terdapat 14.237 Sekolah pada 34 provinsi di Indonesia. Pada tahun 2022, jumlah sekolah penggerak di surabaya ada 167 sekolah, salah satu diantaranya berada pada SMP Islam Terpadu (IT) Al Uswah, Surabaya. Tingginya tren perundungan sekolah pada rentang usia remaja dan angka kenakalan remaja di Surabaya tahun 2022 menjadi latar belakang pentingnya evaluasi program khususnya terkait program penguatan karakter dalam P5. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan model pendekatan CIPP (Context, Input, Process, Product)  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Adapun 6 responden yang ditetapkan adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Tenaga Administrasi Sekolah, Koordinator Proyek tema kewirausahaan dan Koordinator Proyek tema berteknologi dan berekayasa untuk membangun NKRI, serta Koordinator Jenjang 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program penguatan profil pelajar pancasila perlu memperhatikan aspek input dan proses yang berfokus pada segi perencanaan strategi, penjadwalan, penilaian proses, penganggaran serta partisipasi aktif warga sekolah khususnya guru dan peserta didik. Dari 3 tema yang terlaksana, tema berteknologi dan berekayasa untuk membangun NKRI menjadi program penyempurnaan yang lebih komprehensif sehingga dapat menjadi acuan pengembangan perbaikan program.

Published
2023-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 723
PDF Downloads: 1605