Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terkait Mutu Pembelajaran Di SDN Lidah Wetan II Surabaya

  • Regita Nadya Prameswari Mahasiswa
  • Amrozi Khamidi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi supervisi akademik kepala sekolah terkait mutu pembelajaran di SDN Lidah Wetan II Surabaya melalui proses perencanaan, pelaksanaan teknik dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian berupa data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh dari hasil wawancara peneliti dengan informan data, sedangkan data sekunder diperoleh berasal dari data yang secara tidak langsung diperoleh peneliti namun tetap memiliki keterkaitan dengan implementasi supervisi akademik kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian dilakukannya analisis data melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengumpulan data dalam penelitian dapat diketahui bahwa implementasi supervisi akademik dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan teknik, dan evaluasi. Perencanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu dengan menjalin komunikasi dan kerja sama dengan tim kurikulum dalam hal penyusunan program supervisi, jadwal supervisi dan instrumen supervisi yang nantinya akan di sosialisasikan kepada seluruh guru. Pelaksanaan teknik supervisi akademik dilakukan dengan teknik individu dan metode langsung. Teknik yang digunakan yaitu kunjungan kelas dan observasi kelas. Evaluasi supervisi akademik dilakukan secara langsung baik individu maupun kelompok dengan memberikan umpan balik baik kekurangan maupun kelebihan guru baik secara proses pembelajaran maupun administrasinya. Selain itu, umpan balik dalam memberikan apresiasi pada guru yang sudah baik sedangkan guru yang masih belum baik dan ada kekurangan dilakukan pembinaan

Kata kunci : Implementasi, Kepala Sekolah, Mutu Pembelajaran, Supervisi Akademik

 

Abstract

This research aims to understand the implementation of academic supervision by the school principal related to the quality of learning at SDN Lidah Wetan II Surabaya through planning, implementation techniques, and evaluation processes. This study employs a qualitative research method with a case study approach. The data collected for this research include primary and secondary data. The primary data is obtained from interviews conducted by the researcher with the data informants, while the secondary data is indirectly obtained by the researcher but still related to the implementation of academic supervision by the school principal. The data collection techniques used in this study are interviews, observations, and documentation studies. The data obtained from the research are analyzed through several stages, namely data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions. Based on the data collected in the research, it can be observed that the implementation of academic supervision is carried out through planning, implementation techniques, and evaluation phases. The planning of academic supervision is done by the school principal by communicating and collaborating with the curriculum team in terms of preparing supervision programs, schedules, and instruments, which will later be disseminated to all teachers. The implementation of academic supervision techniques is carried out through individual and direct methods. The techniques used include classroom visits and classroom observations. The evaluation of academic supervision is conducted directly, both individually and in groups, by providing feedback on the strengths and weaknesses of teachers, both in the teaching process and administration. Additionally, feedback is provided to appreciate teachers who perform well, while those who need improvement and have shortcomings receive guidance and support

Keywords: Academic Supervision, Implementation, Learning Quality, School Principal

Published
2023-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 70