PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI SMP NEGERI 2 SEDATI SIDOARJO

  • Rohimah Aprilia Irawati University State Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi dan menganalisis mengenai (1) peran kepala sekolah sebagai inovator dalam meningkatkan budaya literasi di SMP Negeri 2 Sedati Sidoarjo, (2) peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan budaya literasi di SMP Negeri 2 Sedati Sidoarjo, dan (3) peran kepala sekolah dalam membangun kemitraan sekolah untuk meningkatkan budaya literasi di SMP Negeri 2 Sedati Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran kepala sekolah sebagai inovator dalam meningkatkan budaya literasi ditunjukkan dengan membentuk tim literasi sekaligus penyusunan program literasi, membentuk ekstrakurikuler konten kreator, membentuk tim majalah sekolah dari siswa, dan melakukan pengembangan program literasi (2) peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan budaya literasi dilakukan dengan memberikan apresiasi, izin, respon positif, dan turut aktif dalam kegiatan literasi, (3) peran kepala sekolah dalam membangun mitra dalam meningkatkan budaya literasi adalah dengan mengundang narasumber penggerak literasi serta mengalokasikan dana dalam setiap kegiatan literasi di sekolah.   

Kata Kunci

Kepala sekolah, peran kepala sekolah, budaya literasi, sekolah menengah pertama

 

Abstract

The purpose of this study is to obtain a description and analize of (1) the principal's role as an innovator in improving literacy culture at SMP Negeri 2 Sedati Sidoarjo, (2) the principal's role as a motivator in improving literacy culture at SMP Negeri 2 Sedati Sidoarjo, and (3) the principal's role in building school partnerships to improve literacy culture at SMP Negeri 2 Sedati Sidoarjo. The research method used in this study is qualitative description. While the data collection is done by using observation, interview and documentation study techniques. The results of this study show that (1) the principal's role as an innovator in improving literacy culture is shown by forming a literacy team as well as preparing literacy programs, forming extracurricular content creators, forming a school magazine team from students, and developing literacy programs (2) the principal's role as a motivator in improving literacy culture is done by giving appreciation, permission, positive responses, and actively participating in literacy activities, (3) the principal's role in building partners in improving literacy culture is by inviting literacy activist speakers and allocating funds in every literacy activity at school.

Keywords

Principal, principal's role, literacy culture, junior high school.

Published
2023-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 158