Strategi Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Budaya Disiplin Siswa Untuk Meningkatkan Citra Lembaga Sekolah DI MTs Attanwir Bojonegoro

  • VARA INDANA FAHMA MAHASISWI
  • Amrozi Khamidi

Abstract

Abstrak

Tujuan penulis adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana perencanaan strategi kepala sekolah dalam menerapkan budaya disiplin siswa untuk meningkatkan citra lembaga sekolah di MTs Attanwir Bojonegoro, mengetahui bagaimana implementasi strategi kepala sekolah dalam menerapkan budaya disiplin siswa untuk meningkatkan citra lembaga sekolah di MTs Attanwir Bojonegoro, dan untuk mengetahui bagaimana evaluasi strategi kepala sekolah dalam menerapkan budaya disiplin siswa untuk meningkatkan citra lembaga sekolah di MTs Attanwir Bojonegoro. Rancangan peneliti menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi langsung dan studi dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, pendeskripsian dan verifikasi data. Uji validitas data yang digunakan yaitu validitas konstruk, validitas internal, validitas eksternal dan reliabilitas. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Perencanaan strategis kepala sekolah dalam mengimplementasikan budaya disiplin siswa untuk meningkatkan citra institusi sekolah di MTs Attanwir Bojonegoro. Perencanaan dilakukan setiap awal tahun ajaran baru untuk merencanakan sistem disiplin, pemberian penghargaan, perbuatan yang dilarang serta kualifikasi dalam menentukan hukuman dan adanya pembentukan struktur organisasi waka siswa yang semuanya disusun secara sistematis oleh semua pihak berdasarkan analisis kelemahan dan kekuatan internal. 2) Implementasi strategi kepala sekolah dalam menerapkan budaya disiplin siswa untuk meningkatkan citra lembaga sekolah di MTs Attanwir Bojonegoro yaitu madarsah Tsanawiyah Islamiyah Attanwir. Pelaksanaan dimulai dengan memberikan sosialisasi pada masa pengenalan orientasi siswa (MATSAMA) ta'aruf bagi siswa madrasah, selalu melakukan pengawasan dan memberikan pembiasaan disiplin, memberikan motivasi kepada siswa yang berperilaku disiplin dan mencatat namanya dalam buku pelanggaran siswa. Dalam pelaksanaannya juga terdapat pemberian reward dalam kegiatan IDB yaitu (Infaq, Disiplin, Bersih) untuk menumbuhkan jiwa kompetitif siswa dalam hal kedisiplinan. Dalam membentuk karakter siswa dan meningkatkan citra lembaga sekolah dapat dilakukan melalui metode keteladanan, nasehat, pembiasaan, dan pemberian motivasi. 3) Evaluasi strategi kepala sekolah dalam menerapkan budaya disiplin siswa untuk meningkatkan citra lembaga sekolah. Evaluasi dilakukan dengan pengawasan dan pembinaan terhadap siswa baik selama pelaksanaan kegiatan maupun setelah pelaksanaan. Evaluasi ini dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan program dalam mencapai tujuannya dalam meningkatkan citra lembaga sekolah.

Kata kunci : Strategi Kepala Sekolah, Budaya Disiplin Siswa, Citra Lembaga Sekolah

 

Abstract

      The author's aim was to find out, analyze and describe how the principal's strategic planning in implementing a student discipline culture to improve the image of school institutions at MTs Attanwir Bojonegoro, find out how the implementation of the principal's strategy in implementing a student discipline culture to improve the image of school institutions at MTs Attanwir Bojonegoro, and to find out how to evaluate the principal's strategy in implementing a student discipline culture to improve the image of school institutions at MTs Attanwir Bojonegoro. The researcher's design used the case study method. Data collection uses semi-structured interviews, direct observation and documentation studies. Data analysis techniques through data reduction, data presentation, describing and verifying data. Test the validity of the data used, namely construct validity, internal validity, external validity and reliability. The research results obtained were 1) The principal's strategic planning in implementing a culture of student discipline to improve the image of the school institution at MTs Attanwir Bojonegoro. Planning is carried out at the beginning of each new school year to plan a discipline system, giving rewards, prohibited actions as well as qualifications in determining punishments and there is the formation of an organizational structure for student waka, all of which are systematically arranged by all parties based on an analysis of internal weaknesses and strengths. 2) Implementation of the principal's strategy in implementing a culture of student discipline to improve the image of the school institution at MTs Attanwir Bojonegoro, namely madarsah Tsanawiyah Islamiyah Attanwir. Implementation begins with providing socialization during the introduction to student orientation (MATSAMA) ta'aruf period for madrasah students, always supervising and providing disciplinary habits, providing motivation to students who behave in discipline and recording their names in the student violation book. In terms of implementation, there is also the provision of rewards in IDB activities, namely (Infaq, Discipline, Clean) to foster students' competitive spirit in terms of discipline. In forming student character and improving the image of school institutions, it can be carried out through exemplary methods, advice, habituation, and providing motivation. 3) Evaluation of the principal's strategy in implementing a student discipline culture to improve the image of the school institution. Evaluation is carried out with supervision and coaching of students both during the implementation of activities and after implementation. This evaluation is carried out to measure the level of success of the program in achieving its goals in improving the image of school institutions.

Keywords: Principal's Strategy, Student Discipline Culture, Institutional Image

 

Published
2023-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 37