Strategi Kepala Sekolah dalam Membentuk Karakter Pemimpin pada Peserta Didik di SD AL-Falah Surabaya

  • Cindy Inkka Rahmadia Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kualitas pendidikan Indonesia yang kurang, menjadikan pemerintah memberikan perhatian khusus dengan membuat kebijakan penyelenggaraan pendidikan karakter, kebijakan tersebut membuat Dinas Pendidikan Kota Surabaya menjadikan pendidikan karakter sebagai program prioritas, dengan himbauan tersebut kepala sekolah SD AL-Falah  membuat strategi untuk membentuk karakter pemimpin pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan & menganalisis program kegiatan duta sekolah di SD Al-Falah Surabaya (2) Untuk mendeskripsikan & menganalisis program kegiatan studi kontekstual di SD Al-Falah Surabaya (3) Untuk mendeskripsikan & menganalisis program kegiatan studi kontekstual di SD Al-Falah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi & studi dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Duta sekolah adalah program untuk membentuk karakter pemimpin pada sisiwa yang terdiri dari 8 bidang dengan  tahap penyeleksian, pelatihan, pelaksanaan dan pembiasaan. Pada program ini  siswa telah menunjukkan sikap tanggung jawab,  mampu memberi pengaruh positif,  berjiwa sosial, disiplin, punya inisiatif, tegas dan berani,  yang merupakan sikap seorang pemimpin. (2) Program studi kontekstual bertujuan untuk menggali potensi dan membentuk karakter pemimpin pada siswa (3) Program pembiasaan Islami dilakukan untuk membentuk karakter positif siswa yang terdiri dari pembiasaan harian dan hari tertentu,  program ini berkolaborasi dengan wali siswa sebagai pengawas melalui adanya buku penghubung.

Published
2023-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 110