MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SMKN 1 SURABAYA

  • Yusqi Haq Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Teknologi digital dianggap mampu menjadi solusi untuk keberlangsungan pendidikan untuk menyesuaikan dengan zaman. Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan menjadikan inovasi dan pembaharuan yang serba digital dan memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan khususnya di indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Perencanaan strategi kepala sekolah di SMKN 1 Surabaya, Pengorganisasian strategi kepala sekolah di SMKN 1 Surabaya, Pelaksanaan Strategi kepala sekolah di SMKN 1 Surabaya, Mendeskripsikan Pengendalian strategi kepala sekolah di SMKN 1 Surabaya. Dalam rangka memenuhi tujuan tersebut peneliti menggunakan metode metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kepala Sekolah dalam melaksanakan pembelajaran berbasis digital menggunakan Strategi sebagai berikut: (1) Pengembangan Platform aplikasi Smartklas dalam pembelajaran dan menyediakan dukungan sarana dan prasarana adaptif berteknologi (2) Menyusun struktur pengorganisasian dengan memanfaatkan SDM yang berkompeten dalam pengadaan dan pengembangan Teknologi informasi di sekolah dengan mengkolaborasikan civitas sekolah. (3) Pemanfaatan platform pembelajaran oleh SMKN 1 Surabaya dibekali sarana dan prasarana yang memadai, serta menyediakan peminjaman tablet dari sekolah untuk siswa yang mengalami hambatan pada pelaksanaan pembelajaran berbasis digital. (4) Pengendalian dilakukan dengan adanya supervisi dan penilaian oleh waka kurikulum dalam bentuk melakukan kegiatan observasi dan penilaian terhadap pelaksanaan pembelajaran

Published
2023-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 74