Implementasi Program Adiwiyata Dalam Membangun Karakter Siswa Peduli Lingkungan Di SDN Made I No. 475 Surabaya

Eva Silvia Alvatina, Supriyanto

  • Eva Silvia Alvatina Surabaya State University

Abstract

Artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui terkait pelaksanaan program adiwiyata yang dapat berguna bagi peserta didik dalam membangun karakter peduli lingkungan dalam dirinya.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus (case study) dikarenakan obyek penelitian hanya satu dan tidak membandingkan dengan obyek yang lain. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini meliputi Kepala sekolah, Koordinator Tim Adiwiyata, Anggota Tim Adiwiyata, Guru, Peserta didik, Orang Tua Peserta Didik dan Mitra Kerjasama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) proses implementasi program adiwiyata didalamnya terdapat persiapan dokumen-dokumen dan pembentukan tim adiwiyata dengan proses pelaksanaan yang dilaksanakan untuk mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata dengan adanya kerjasama dengan berbagai pihak dan pengelolaan sarana prasarana pendukung sekolah untuk keberhasilan pelaksanaan program adiwiyata tersebut. (2) Implementasi pendidikan karakter melalui program-program inti adiwiyata dapat melalui pelaksanaan program Green House, Kebun Hidroponik, Kolam Lele, Kebun Toga, dan Komposter yang bisa membangun karakter peduli lingkungan bahkan karakter kewirausahaan juga ada dari pelaksanaan program tersebut. (3) faktor pendukung dari pelaksanaan program adiwiyata yaitu terdapat pada sarpras yang baik dan memadai, sedangkan faktor penghambatnya salah satunya yaitu learning lost dikarenakan pandemi covid dan solusinya dapat melakukan banyak pembiasaan lagi, menggencarkan lagi aksi lingkungan, memohon dukungan orang tua dan meningkatkan kekompakan antara satu sama lain.

 

This article aims to find out about the implementation of the Adiwiyata program which can be useful for students in building their own environmental care character. This research uses a qualitative research method with a case study research design because there is only one research object and does not compare with other objects. The method of collecting data in this study is using interview techniques, observation, and documentation. Informants in this study included school principals, Adiwiyata Team Coordinators, Adiwiyata Team Members, Teachers, Students, Parents of Students and Cooperation Partners. The results of this study indicate that, (1) the process of implementing the adiwiyata program includes the preparation of documents and the formation of the adiwiyata team with the implementation process carried out to get an award as an adiwiyata school by collaborating with various parties and managing school supporting infrastructure for the successful implementation of the adiwiyata program. (2) The implementation of character education through the core adiwiyata programs can be through the implementation of the Green House, Hydroponic Garden, Catfish Pond, Toga Garden, and Composter programs which can build environmental care and even entrepreneurial character from the implementation of the program. (3) the supporting factors for the implementation of the adiwiyata program are good and adequate infrastructure, while one of the inhibiting factors is learning lost due to the covid pandemic and the solution can be to do a lot of habituation again, intensify environmental actions, ask for parental support and increase the cohesiveness between one another.

Published
2023-08-16
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 177