Manajemen Pembelajaran di SDN Jambangan I/413 dan MIS Al-Hidayah Kebraon Surabaya Sesuai Dengan Sarana Prasarana yang Dimili Sekolah

  • Ayu Cantika Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen pembelajaran sesuai dengan sarana prasarana yang dimiliki sekolah. Metode yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan pembelajaran sesuai sarana prasarana SDN Jambangan I/413 mengimplementasikan kurikulum-13 dan merdeka belajar serta pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dilakukan sebelum proses pembelajaran, sedangkan MIS Al-Hidayah Kebraon mengimplementasikan kurikulum-13 dan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dilakukan oleh kelompok kerja guru; 2) Pengorganisasian pembelajaran sesuai sarana prasarana SDN Jambangan I/413 optimal dengan adanya Liquid Crystal Display (LCD) dan jaringan internet disetiap kelasnya, sedangkan MIS Al-Hidayah Kebraon cukup optimal karena setiap kelas memiliki ruangan meskipun bergantian dan memiliki 1 (satu) Liquid Crystal Display (LCD); 3) Pelaksanaan pembelajaran sesuai sarana prasarana pada SDN Jambangan I/413 dan MIS Kebraon berjalan efektif meskipun pembelajaran dilaksanakan pada sesi pagi dan siang karena sarana prasarana sekolah terbatas; 4) Pengawasan pembelajaran sesuai sarana prasarana pada SDN Jambangan I/413 dan MIS Al-Hidayah Kebraon menggunakan evaluasi formatif dan sumatif; 5) Permasalahan dan solusi pada SDN Jambangan I/413 yakni ruangan kelas terbatas sehingga solusinya melakukan pembelajaran pada sesi pagi dan siang, sedangkan MIS Al-Hidayah Kebraon sarana prasarana dan media pembelajaran yang terbatas maka solusinya melakukan pembelajaran pada sesi pagi dan siang dan pengadaan sarana prasarana.

Kata kunci : Manajemen pembelajaran, sekolah dasar, sarana dan prasarana

Published
2023-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 29