Peran Orangtua dan Guru dalam Memotivasi Minat Baca Siswa Menggunakan Perpustakaan Digital di SDN Kendangsari I/276 Surabaya

  • Kuridha Dwi Anggraeni Mahasiswa
  • Amrozi Khamidi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dan guru dalam memotivasi minat baca siswa menggunakan perpustakaan digital di SDN Kendangsari I/276 Surabaya  pada saat di rumah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini meliputi data primer yang dilakukan oleh Kepala sekolah, Kepala perpustakaan, Guru kelas, Orangtua siswa, dan Siswa. Sumber data sekunder berupa data yang secara tidak langsung diperoleh oleh peniliti namun masih ada kaitannya dengan peran orangtua dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Lalu sebelum menganalisis data penelitian ini terlebih dahulu melakukan analisis data sebelum turun ke lapangan dan analisis data setelah turun ke lapangan dan selanjutnya akan di analisis data dengan beberapa tahapan seperti pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orangtua untuk memotivasi minat baca anak dengan penggunaan perpustakaan digital pada saat dirumah adalah pada penelitian ini menunjukkan bahwa peran orangtua sebagai motivator dan pendamping berpengaruh positif dalam meningkatkan minat baca anak dan mendukung keberhasilan pendidikan mereka. Sedangkan peran guru untuk memotivasi minat baca siswa pada saat dirumah adalah dengan menciptakan jadwal membaca yang diberikan kepada siswa agar lebih rajin membaca dan guru juga berperan sebagai fasilitator dengan menyediakan fasilitas dalam proses belajar mengajar, seperti menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan meyediakan fasilitas perpustakaan digital yang bertujuan untuk membantu siswa agar tetap dapat membaca buku kapan pun dan dimana pun.

Kata Kunci: Peran Orangtua, Peran Guru, Motivasi, Perpustakaan Digital

 

Abstract

This research aims to determine the role of parents and teachers in motivating students' interest in reading using a digital library at SDN Kendangsari I/276 Surabaya while at home. This study uses a qualitative descriptive method with interview, observation, and documentation techniques. The data sources obtained in this research consist of primary and secondary data. The primary data sources include the headmaster, the librarian, class teachers, parents of students, and the students themselves. The secondary data sources are data indirectly obtained by the researcher but still related to the roles of parents and teachers. Data collection techniques in this study employ interview, observation, and documentation methods. Before analyzing the data, this research first conducts data analysis before going to the field and data analysis after fieldwork. Subsequently, data will be analyzed in several stages, including data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research indicate that the role of parents in motivating children's reading interest through the use of a digital library at home shows that parents, as motivators and companions, positively influence improving children's reading interest and supporting their educational success. Meanwhile, the role of teachers in motivating students' reading interest at home is to create reading schedules for students to read more diligently. Teachers also act as facilitators by providing facilities in the teaching and learning process, such as creating a conducive learning environment and providing digital library facilities to help students read books anytime and anywhere.

Keywords: Parental Role, Teacher Role, Motivation, Digital Library.

 

Published
2023-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 260