PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD KITA BOJONEGORO

  • Jaza Adzinta Sirly State University of Surabaya

Abstract

Kepala sekolah memiliki peran penting untuk mewujudkan sekolah ramah anak yang memberikan konvensi hak-hak anak. Sebuah konsep yang dipengaruhi oleh gagasan tentang hak-hak anak, yang melihat tugas kepala sekolah untuk mendorong perkembangan anak secara menyeluruh dan memberikan kesempatan pendidik dapat mengelola pembelajaran ramah anak. Menciptakan lingkungan ramah anak yang berkolaborasi dengan beberapa jejaring mitra. Sekolah ramah anak merupakan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menjawab fokus penelitian peran kepala sekolah dalam mengelola guru, peserta didik, lingkungan yang ramah, dan kemitraan untuk membangun sekolah ramah anak di SD KITA Bojonegoro. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendiri yayasan, guru, peserta didik, dan wali murid. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis penelitian data ini menggunakan Miles dan Huberman dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang menyatakan (1) Peran kepala sekolah dalam mengelola guru mengelola guru memberikan pelatihan yang berdampak pada peningkatan pembelajaran dan mengelola peserta didik dengan memberikan hak-hak dan pendidikan ramah anak (2) Peran kepala sekolah mengelola lingkungan yang ramah anak dibangun dengan baik melalui lingkungan berpusat pada anak, aman, sehat, nyaman, dan memberi stimulus anak. (3) Peran kepala sekolah mengelola kemitraan dengan membangun jejaring berbagai mitra untuk mendukung program sekolah ramah anak sehingga terjalinnya kepercayaan, keamanan, keselamatan, dan kenyamanan anak.

Published
2023-08-21
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 249