STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BOJONEGORO

  • Kholif Sulistyawati State University of Surabaya

Abstract

Suatu sekolah dinyatakan berhasil dalam menyelenggarakan dan mencapai tujuan pendidikan salah satunya dibuktikan dengan adanya prestasi peserta didik, dalam mencapai keberhasilan dan meningkatkan prestasi peserta didik suatu sekolah harus menerapkan sebuah strategi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait: (1) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Bojonegoro (2) strategi guru dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Bojonegoro dan (3) upaya peserta didik dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi kepala sekolah antara lain pengembangan ekstrakurikuler, menjalin kerja sama, penerapan program literasi sekolah, membentuk kegiatan kompetisi lingkup sekolah, penerapan program adiwiyata mandiri, pemberian motivasi dan reward serta pengembangan kompetensi guru, (2) strategi guru antara lain pengembangan media dan metode pembelajaran, aktif menyampaikan informasi perlombaan, memberikan bimbingan, dan memberikan reward berupa tambahan nilai, (3) upaya peserta didik diantaranya belajar dengan sungguh-sungguh, mengembangkan hobi, memberikan motivasi diri sendiri, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, mengikuti organisasi, komunitas, dan kegiatan sekolah, memanfaatkan waktu luang di sekolah dengan baik, memiliki komitmen untuk berkembang, memiliki sebuah karya, dan melakukan evaluasi.

Kata kunci : Strategi Kepala Sekolah, Strategi Guru, Upaya Peserta Didik

Published
2023-08-21
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 503