MANAJAMEN HUMAS PADA SEKOLAH INKLUSI
Abstract
Abstrak
Sekolah inklusi di Indonesia saat ini masih jarang mendapatkan perhatian dan dukungan dari orangtua, masyarakat dan pemerintah. Problematika tersebut dapat dipecahkan dengan adanya manajemen humas yang baik. Manajemen humas pada sekolah inklusi dapat bersinergi untuk meningkatkan perhatian dan dukungan dari pihak-pihak terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen humas pada sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian studi literatur, dengan tahapan menentukan topik, mencari informasi pendukung, menetapkan fokus topik , mencari bahan referensi, mengelompokkan bacaan sesuai sub topik, mereview dan memperbanyak bahan pendukung; mengelompokkan ulang bahan & hasil review, dan proses menulis. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi dengan model deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah; 1) Sumber daya manusia yang ahli & berkompeten sebagai humas sekolah inklusi, 2) Sinergisme humas sekolah inklusi dengan orangtua & masyarakat, 3) Koordinasi humas sekolah inklusi dengan pemerintah secara berkala.
Kata kunci : Manajemen Humas, Sekolah Inklusi
Abstract
At present, inclusive schools in Indonesia still rarely receive attention and support from parents, the community and the government. These problems can be solved with good public relations management. Public relations management at inclusive schools can synergize to increase attention and support from related parties. This study aims to describe and analyze public relations management in inclusive schools. This study uses a literature study research design, with the stages of determining the topic, looking for supporting information, setting the focus of the topic, looking for reference materials, grouping readings according to sub-topics, reviewing and multiplying supporting materials; regrouping the review materials & results, and the writing process. The data analysis used in this research is content analysis with a qualitative descriptive model. The results of this study are; 1) Expert & competent human resources as public relations for inclusive schools, 2) Synergism of public relations for inclusive schools with parents & the community, 3) Coordination of public relations for inclusive schools with the government on a regular basis.
Keyword : Public Relations Management, Inclusive School