Keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah (studi kasus di SDN kalijudan I 239 surabaya)

  • Muhammad Iqbalur Rosyad Universitas negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah di SDN Kalijudan I 239 Surabaya dengan melihat sebagaimana dampak yang dihasilkan dari kepemimpinan yang mampu berpengaruh pada budaya sekolah maupun pendidikan karakter warga sekolah. Dengan berteguh prinsip pada visi misi dan tujuan sekolah maka keberhasilan pendidikan karakter sangat utama dalam mewujudkan budaya sekolah yang kondusif. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, Kondensasi data, penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah memiliki dampak positif bagi warga sekolah, salah satunya adalah dengan menjadikan budaya sekolah sebagai suatu keunggulan yang berbeda dari yang lain. Dengan peningkatan karakter pendidikan yang stabil menjadikan warga sekolah mampu mengimplementasikan budaya sekolah yang kondusif. Dibalik kekondusifan budaya sekolah tersebut terdapat beberapa upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk mengembangkan budaya sekolah tersebut yaitu dengan meningkatkan pendidikan karakter warga sekolah yang salah satunya adalah dengan menerapkan program pemerintah kota surabaya yakni (SAS) Sekolah'e Arek Suroboyo. Pada dasarnya (SAS) Sekolah'e Arek Suroboyo dirancang untuk meningkatkan pendidikan karakter warga sekolah dengan menerapkan berbagai tema tema yang terkandung dalam (SAS) Sekolah'e Arek Suroboyo

Published
2024-06-04
Section
Articles
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 4