PENGARUH KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KOMUNITAS PEMBELAJARAN PROFESIONAL GURU SMP NEGERI DI KOTA MATARAM
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap komunitas pembelajaran profesional guru SMP Negeri di Kota Mataram. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif korelasi dengan sampel 278 guru SMP Negeri di Kota Mataram. Grand Theory yang digunakan ialah teori kepemimpinan pembelajaran oleh Philip Hallinger, teori motivasi dari Maslow, dan teori Komunitas Pembelajaran Profesional oleh Hipp & Huffman. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Google Form dengan skala likert 1-4. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik uji analisis regresi linear sederhana dan berganda. Berdasarkan hasil analisis data, ditarik kesimpulan yaitu: (1) terdapat pengaruh antara kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah terhadap komunitas pembelajaran profesional guru SMP Negeri di Kota Mataram dengan nilai Sig 0,00 < 0,05; (2) terdapat pengaruh antara motivasi kerja guru terhadap komunitas pembelajaran profesional guru SMP Negeri di Kota Mataram dengan nilai Sig 0,00 < 0,05; (3) kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama mempengaruhi komunitas pembelajaran profesional guru SMP Negeri di Kota Mataram dengan nilai Sig 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik praktik kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan semakin tinggi motivasi kerja guru, maka hal itu dapat semakin mendukung jalannya komunitas pembelajaran profesional sebagai wadah pengembangan bagi guru.
Kata kunci : kepemimpinan pembelajaran, motivasi kerja, dan komunitas pembelajaran profesional guru
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)