Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran dan Budaya Organisasi Terhadap Professional Learning Community Guru SMP Negeri di Mataram

  • Adella Kusnul Mas'ulla Unuversitas Negeri Surabaya
  • Windasari Windasari Unuversitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepemimpinan pembelajaran dan budaya organisasi terhadap Professional Learning Community guru SMP Negeri di Mataram. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dimana di dalamnya terdapat sejumlah 3 variabel yakni kepemimpinan pembelajaran (X₁), budaya organisasi (X2) dan Professional Learning Community (Y). Populasi di penelitian ini yakni ialah guru SMP Negeri se-Kota Mataram dengan total 24 satuan pendidikan dan sampel sebanyak 278 guru. Berdasarkan hasil analisis penelitian didapati kepemimpinan pembelajaran berpengaruh terhadap Professional Learning Community dibuktikan dengan hasil uji T yakni nilai signifikasi 0,00 < nilai alpha 0,05. Pada variabel budaya organisasi juga didapati hasil bahwa budaya organisasi berpengaruh terhadap Professional Learning Community dibuktikan dengan hasil uji T yakni nilai signifikasi 0,00 < nilai alpha 0,05. berdasarkan hasil uji F yang telah dilakukan didapati hasil bahwa nilai signifikasi 0,00 < nilai alpha 0,05 artinya kepemimpinan pembelajaran dan budaya organisasi berpengaruh secara bersamaan terhadap Professional Learning Community guru SMP Negeri di Mataram.

Kata kunci : Kepemipinan Pembelajaran, Budaya Organisasi, Professional Learning Community

 

Published
2024-06-04
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 3