Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran dan Lingkungan Kerja terhadap Komunitas Pembelajaran Profesional Guru SMP Labschool di Jakarta

  • Azzahra Adawiyah Yusri Universitas Negeri Surabaya
  • Windasari Windasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan pembelajaran dan lingkungan kerja terhadap komunitas pembelajaran professional guru SMP Labschool di Jakarta. Masalah yang dianalisis dalam penelitian ini terkait dengan kepemimpinan pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah dengan menggunakan grand theory dari P. Hallinger dan teori lingkungan kerja dari Opperman, serta teori Professioanal Learning Community (PLC) dari Hipp dan Huffman. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linear berganda. Data yang didapatkaan melalui hasil angket kuesioner menggunakan skala likert yang respondennya merupakan Bapak/Ibu Guru SMP Labschool yang berada di Jakarta 105 orang. Adapun hasil dari penelian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel kepemimpinan pembelajaran (X1) dan lingkungan kerja (X2) secara bersama-sama terhadap variabel komunitas pembelajaran professional guru (Y) SMP Labschool di Jakarta yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 Hal ini dapat dimaknai bahwa kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan lingkungan kerja saling berhubungan dan saling memperkuat dalam mempengaruhi komunitas pembelajaran professional guru. Keduanya mempunyai peran yang penting dalam mendorong pertumbuhan, kolaborasi, serta keberhasilan guru dalam meningkatkan praktik pengajaran.

Kata kunci : kepemimpinan pembelajaran, lingkungan kerja, komunitas pembelajaran profesional guru

Published
2024-06-07
Section
Articles
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 1