Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak SMP Labschool Rawamangun Jakarta

  • Nuriyah Ruchillah Balqize Universitas Negeri Surabaya
  • Ainur Rifqi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak SMP Labschool Rawamangun Jakarta yang meliputi kemampuan Kepala Sekolah sebagai manajer mengelola Lingkungan fisik di kelas, Tingkah laku siswa di kelas, konflik di kelas di sekolah SMP Labschool Rawamangun Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan dengan cara triangulasi sumber, teknik dan member check. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengacu model Miles, Huberman dan Saldana (2014:12-14) yang meliputi pengumpulan data kondensasi, penyajian data, dan menarik kesimpulan dari verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, (1) Pengelolaan tata Lingkungan fisik pada Manajemen Kelas dalam Pembelajaran berdiferensiasi di sekolah Penggerak SMP Labschool Rawamangun Jakarta meliputi fasilitas lengkap, perawatan sarana prasarana dan kondisi kelas merupakan hasil dari penelitian yang di anggap penting untuk keberlangsungan pembelajaran ataupun kegiatan yang lain di kelas, kerja sama yang di bangun antar staf dan tenaga pendidik di bawahi oleh kepala sekolah untuk saling menjaga lingkungan fisik dan membawa dampak baik bagi pengelolaan lingkungan fisik di kelas. (2) Pengelolaan perilaku siswa pada Manajemen Kelas dalam Pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak di SMP Labschool Rawamangun Jakarta meliputi karaktersitik siswa yang berbeda setiap individu membuat kepala sekolah, waka kesiswaan dan guru memberikan kebebasan sesuai zaman tetapi dalam batas yang positif, seperti Gaya belajar, habituasi positif, kepribadian setiap siswa, kedekatan psikologis, minat dan bakat menjadi hasil dari penelitian sehingga menjadi acuan untuk memahami tingkah laku siswa. (3) Pengelolaan Konflik siswa pada Manajemen Kelas dalam Pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak di SMP Labschool Rawamangun Jakarta meliputi SOP ( Standar Operasional Prosedur), Sanksi dan Solusi menjadi hasil dari penelitian. Dan hal tersebut menjadi acuan Kepala sekolah, waka kesiswaan serta guru untuk melakukan langkah yang bisa ditempuh ketika adanya konflik di kelas SMP Labschool Rawamangun Jakarta.

Kata Kunci: manajemen kelas, fisik kelas, perilaku siswa, konflik siswa

Published
2024-06-07
Section
Articles
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 2