Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN 2 Cakranegara

  • Nurviana Kummalasari Zahrotun Nisa' Universitas Negeri Surabaya
  • Shelly Andary

Abstract

Pengembangan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu harapan jangka panjang negara Indonesia. Pengembangan sumber daya manusia ini dilakukan salah satunya melalui pendidikan. Penerapan Kurikulum Merdeka ini memiliki sebuah program dalam bentuk proyek yaitu proyek penguatan profil pelajar Pancasila yang mempunyai fokus pada penciptaan karakter bangsa bagi setiap peserta didik dalam satuan pendidikan dengan bentuk profil pelajar Pancasila. Hal tersebut telah dijalankan pada salah satu sekolah di kota Mataram yakni SDN 2 Cakranegara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai manajemen proyek penguatan profil pelajar Pancasila dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan informan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data/ kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yakni 1) Perencanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SDN 2 Cakranegara adalah membentuk tim fasilitator yang bertugas untuk melakukan analisis tingkat kesiapan satuan pendidikan, menyusun buku pedoman, menentukan tema, dimensi, dan waktu pelaksanaan proyek. 2) Pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan dengan diawali mempersiapkan sumber belajar meliputi alat dan bahan yang akan digunakan dalam melaksanakan proyek, pembentukan kelompok proyek, pengenalan proyek, pengerjaan proyek yang dilakukan setiap hari sabtu pada tiap minggunya, hingga pengolahan hasil proyek. 3) Evaluasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan melalui evaluasi proses. Penilaian ini berfokus pada dimensi profil pelajar Pancasila yang dituangkan dalam rapor proyek yang akan digunakan sebagai bahan evaluasi perkembangan karakter dari peserta didik, serta dijadikan sebagai bahan perbaikan dalam pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila kedepannya.

Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Pelajar Pancasila, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Published
2024-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 3
PDF Downloads: 0