Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Labschool Rawamangun Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa SMP Labschool Rawamangun Jakarta dipengaruhi oleh penerapan kurikulum merdeka. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini berkaitan dengan penerapan kurikulum mandiri pada pembelajaran berbasis proyek yang mengacu pada teori konstruktivisme dari David H. Jonassen dan teori motivasi intrinsik dari Richard M. Ryan dan Edward L. Deci. Metodologi penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Data yang dikumpulkan dari 253 siswa di SMP Labschool Rawamangun Jakarta yang menyebarkan kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Temuan penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa (Y) dipengaruhi secara positif oleh variabel independen implementasi kurikulum Merdeka (X) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.