Pola Pengembangan Mutu Kompetensi Pendidik (Studi Kasus di Kuanta Pendidikan Indonesia Kota Surabaya)

Authors

  • Viona Amanda Indalola Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pola pengembangan mutu kompetensi pendidik yang digunakan di Kuanta Pendidikan Indonesia Kota Surabaya. Penelitian ini sangat penting karena diperlukan pola pengembangan mutu kompetensi pendidik yang sesuai dengan kebutuhan pendidik dan dapat membantu pendidik dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi sehingga dapat membantu pendidik meningkatkan mutu kompetensi yang dimiliki agar dapat menjalankan peran, tugas dan tanggung jawabnya dengan maksimal. Dalam mencapai tujuan penelitian yang diharapkan, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi terlibat, wawancara, dan dokumentasi kepada pihak yang memberikan informasi yaknik Chief Operating Officer, Chief School Design dan Lead of Talent & Product. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1.) Model pengembangan mutu kompetens pendidik yang dilakukan di Kuanta dapat dilakukan melalui pelatihan (training), pembinaaan dan pendampingan (coaching and mentoring) serta pengawasan (supervisi); (2.) Perencanaan pengembangan mutu kompetensi pendidik dilakukan dengan analisis kebutuhan, mendesain pendekatan pelatihan, pengembangan materi dan penyusunan rencana evaluasi; (3.) Strategi yang digunakan dalam implementasi pengembangan mutu kompetensi pendidik dilakukan dengan cara berkomunikasi secara intens dan menyediakan layanan konsultasi bagi pendidik; (4.) Dampak pengembangan mutu kompetensi pendidik yang telah dilakukan di Kuanta, berdampak kepada (a) peningkatan kompetensi pendidik dalam hal ini pengetahuan dan keterampilan pendidik, (b) pendidik mampu menunjukkan prestasi setelah mengikuti pengembangan mutu kompetensi pendidik dan (c) peningkatan mutu sekolah yang berdampak kepada akreditasi sekolah.

Kata Kunci : kompetensi pendidik, pola pengembangan mutu, kegiatan  pengembangan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-27

Issue

Section

Articles
Abstract views: 21 , PDF Downloads: 14