PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KOTA MOJOKERTO

  • Cindy Octavia Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi guru tentang supervisi akademik kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka pada sekolah menengah pertama negeri di Kota Mojokerto. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan sampel 175 guru di Kota Mojokerto. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Google Form dengan skala likert 1-4. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana pada program SPSS 25 dengan taraf signifikan p = 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi guru tentang supervisi akademik kepala sekolah pada sekolah menengah pertama negeri di Kota Mojokerto dalam kategori sedang. (2) kualitas pembelajaran pada sekolah menengah pertama negeri di Kota Mojokerto berada pada kategori sedang. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi guru tentang supervisi akademik kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran pada sekolah menengah pertama negeri di Kota Mojokerto, persepsi guru tentang supervisi akademik kepala sekolah memberikan sumbangan efektif terhadap kualitas pembelajaran pada sekolah menengah pertama negeri di Kota Mojokerto sebesar 65%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan persepsi yang baik dari guru terhadap pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah akan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kata kunci : persepsi guru, supervisi akademik kepala sekolah, kualitas pembelajaran

Published
2024-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0