EVALUASI PROGRAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI PADANG

  • Nadia Putri Cantika Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Context, Input, Process, Product Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Bangunlah Jiwa dan Raganya dengan Sub tema Anti Perundungan pada kelas X (Fase E) di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan peneilitian evaluasi menggunakan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik analisis data yang digunakan ialah model Milles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Koordinator Proyek tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, guru fasilitator, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada evaluasi Context menunjukkan keberhasilan penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka dengan kategori mandiri berubah yang tetap mengintegrasikan muatan lokal berbasis Islam dan budaya Sumatera Barat. Evaluasi input mengindikasikan sumber daya manusia yang cukup memadai meskipun pelatihan yang diperoleh guru masih kurang maksimal. Evaluasi Process pelaksanaan program menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya, namun terdapat tantangan dalam mempertahankan fokus dan mengatasi rasa jenuh peserta didik karena pemilihan waktu yang menggunakan sistem blok dalam pelaksanaanya, selain itu asesmen diagnostic pada awal pelaksanaan perlu di lakukan sehingga target pencapaian karakter sesuai yang dibutuhkan. Evaluasi Product menunjukkan pengembangan karakter peserta didik yang mencakup kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, dan semangat gotong royong. Pelaksanaannya memberikan dampak positif dalam membentuk karakter peserta didik menjadi lebih peduli, berani bertindak, dan tanggap terhadap isu-isu sosial di sekitar mereka.

Kata kunci:

Evalauasi Program, Pendidikan Karakter, Proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

Published
2024-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0