Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kompetensi Profesional Guru Pada Implementasi Kurikulum Merdeka SMP Negeri di Kecamatan Krian

Authors

  • Andin Ardebinta Ramadina Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur intensitas pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah, menilai tingkat kompetensi profesional guru, serta menganalisis pengaruh supervisi akademik oleh kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru dalam penerapan kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Krian.. Permasalahan yang dieksplorasi dalam penelitian ini berhubungan dengan pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah, yang dianalisis berdasarkan teori supervisi akademik dari Glickman dan konsep kompetensi profesional guru menurut Danielson. Metodologi penelitian yang diimplementasikan adalah kuantitatif deskriptif. Data yang didapatkan melalui hasil angket kuesioner menggunakan skala likert yang respondennya merupakan guru SMP Negeri di kecamatan Krian sebanyak 116 orang. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa: (1) Tingkat pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah terhadap guru mencapai kategori sangat tinggi sebesar 85,6%; (2) Tingkat kompetensi profesional guru terklasifikasi tinggi dengan nilai 79,7%; (3) Terdapat korelasi positif antara variabel supervisi akademik kepala sekolah (X) dan kompetensi profesional guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka (Y) di SMP Negeri Kecamatan Krian, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan pengaruh sebesar 35,7%. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah memengaruhi kompetensi profesional guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Kecamatan Krian. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi profesional guru dalam IKM dapat dicapai melalui pelaksanaan supervisi akademik yang efektif.

Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional Guru, Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-27

Issue

Section

Articles
Abstract views: 65 , PDF Downloads: 89